Warungboto Pesona Taman Air Jaman Dulu

Warungboto Pesona Taman Air Jaman Dulu adalah Sebuah taman air kuno yang indah dan dirancang sangat privat. Tempat ini bisa anda temukan di wilayah Warungboto. Taman air itu berada di antara Pesanggarahan Warungboto yang kini tinggal puing. Bila anda melewati Jalan Veteran (jalan yang mengarah ke kanan dari perempatan sebelum Kebun Binatang Gembira Loka) dan menjumpai sisa-sisa bangunan seperti rumah. Anda mungkin akan melewatkannya saja dan menyangka bahwa bangunan itu merupakan bangunan biasa saja. Tapi, mulai sekarang, anda mesti tahu bahwa bangunan itu cukup bersejarah sebab merupakan salah satu pesanggrahan yang dibangun oleh Hamengku Buwono II.

Warungboto Pesona Taman Air Jaman Dulu

Warungboto Pesona Taman Air Jaman Dulu
Warungboto Pesona Taman Air Jaman Dulu (sumber dari happytour)

Mengunjungi pesanggrahan ini bagi beberapa orang mungkin dianggap membosankan, sebab tak ada lagi kemegahan yang bisa dinikmati. Namun jika anda amati lebih seksama, anda masih bisa menemukan keindahan di beberapa sudut meski banyak bagian bangunan yang telah mengalami kerusakan. Jika anda masuk dari luar dan menuju lantai bawah akan menemukan jalan masuk kebawah/tangga menurun dengan 2 pintu yang unik. kurang jelas mengapa mempunyai 2 pintu, apakah berguna sebagai pembeda pintu masuk untuk wanita dan pria atau sebagai pintu keluar di sebelah kiri dan pintu masuk sebelah kanan kurang jelas juga, sebab tidak ada papan informasi di situs ini.

Anda dijamin akan merasa kagum dengan arsitektur bangunan pesanggrahan ketika berada di areal taman ini. Bagaimana tidak, pesanggrahan yang dibangun tahun 1800-an ini sudah merancang adanya taman beserta kolam yang sifatnya pribadi, dikelilingi oleh bangunan sekitarnya sehingga tak terlihat dari luar. Selain itu, tembok-tembok yang mengelilinginya juga tampak tinggi dan tebal, menandakan kekokohan bangunannya di masa lalu.

Informasi Wisata

Lokasi Jl. Veteran, Warungboto, Yogyakarta.
Tiket Free
Waktu Buka 08.00 – 17.00

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *