Vihara Buddhagaya Watugong Pagoda Setinggi 45 Meter

Vihara Buddhagaya Watugong Pagoda Setinggi 45 Meter terletak di jalur Jalan Raya Ungaran. Bila datang pada Minggu sore, tempat parkir akan sedikit penuh karena jemaah Buddha datang untuk kebaktian. Momen ini bisa menjadi sangat menarik untuk diamati, terutama melihat tradisi dari Tiongkok di vihara. Vihara Buddhagaya Watugong menjadikan Kota Semarang memiliki objek wisata religi yang menarik. Jika datang ke vihara ini, ambil sudut yang menarik untuk ambil gambar, dan orang akan bertanya: “Habis dari China ya?” Atau, paling dekat Anda disangka baru pulang liburan dari Thailand. Sebelum menjelajahi bangunan indah ini, ada baiknya membaca sejarah singkat wihara yang diberi nama Vihara Buddha Gaya ini.

Vihara Buddhagaya Watugong Pagoda Setinggi 45 Meter

Vihara Buddhagaya Watugong Pagoda Setinggi 45 Meter
Vihara Buddhagaya Watugong Pagoda Setinggi 45 Meter (sumber tribunnews)

Salah satu ikon yang paling terkenal di vihara ini adalah Pagoda Avalokitesvara (Metta Karuna), dimana didalamnya terdapat Buddha Rupang yang besar. Pagoda Avalokitesvara yang memiliki tinggi bangunan setinggi 45 meter dengan 7 tingkat, yang bermakna bahwa seorang pertapa akan mencapai kesucian dalam tingkat ketujuh. Bagian dalam pagoda berbentuk segi delapan dengan ukuran 15 x 15 meter. Mulai tingkat kedua hingga keenam dipasang patung Dewi Kwan Im (Dewi Welas Asih) yang menghadap empat penjuru angin. Hal ini bertujuan agar sang dewi memancarkan kasih sayangnya ke segala arah mata angin.

Pada tingkat ketujuh terdapat patung Amitaba, yakni guru besar para dewa dan manusia. Dibagian puncak pagoda terdapat Stupa untuk menyimpan relik (butir-butir mutiara) yang keluar dari Sang Buddha. Bagian depan pagoda juga terdapat patung Dewi Welas Asih serta Sang Buddha yang duduk dibawah pohon Bodi. Di Komplek Vihara juga terdapat cotage untuk para tamu menginap. Tepat di depan cotage terdapat Bangunan Dhammasala. Bangunan ini terdiri dari dua lantai, lantai dasar digunakan untuk ruang aula serbaguna yang luas dengan sebuah panggung didepannya sedangkan lantai atas untuk ruang Dhammasala.

Informasi Wisata

Lokasi Pudak Payung, Watugong, Semarang, Jawa Tengah.
Tiket Dewasa Rp.10.000 dan anak-anak Rp7.500
Waktu Buka 08.00 – 18.00

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *