Petilasan Prabu Sri Aji Joyoboyo Tempat Semedi

Petilasan Prabu Sri Aji Joyoboyo Tempat Semedi ini banyak dikunjungi oleh mereka yang ingin melihat beberapa peninggalan sejarah Kerajaan Kadiri seperti: Sendang Tirto Kamandanu, Palinggihan Mpu Mharadah dan Arca Totok Kerot. Selain itu, banyak pula yang mengunjungi untuk berziarah, dengan puncak kunjungan terjadi pada 1 Syuro atau tanggal 1 muharram, karena ada acara peringatan disana. Tempat-tempat “sakral” biasanya ramai dikunjungi, terlebih lagi menjelang pemilihan kepala daerah Jawa Timur. Salah satunya situs Sri Aji Joyoboyo, Raja Kediri tahun 1135-1157, di Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri.

Petilasan Prabu Sri Aji Joyoboyo Tempat Semedi

Petilasan Prabu Sri Aji Joyoboyo Tempat Semedi
Petilasan Prabu Sri Aji Joyoboyo Tempat Semedi ( sumber Youtube )

Menurut cerita rakyat, Prabu Joyoboyo adalah raja besar di tanah Jawa pada masanya. Ia dipercaya sebagai titisan Betara Wisnu, dewa pemelihara keselamatan dan kesejahteraan dunia. Sang Prabu membuat Jongko Joyoboyo yang bisa meramalkan apa yang akan terjadi di dunia ini. Ada empat tempat sakral yang dipercaya oleh masyarakat, yaitu Loka Muksa atau tempat sang prabu menghilang untuk selamanya, Loka Busana yakni tempat meletakkan busana, Loka Mahkota atau tempat untuk meletakkan mahkota kerajaan, dan terakhir adalah Sendang Tirto Kamandanu yang pada zaman kerajaan dahulu dikenal dengan sebutan Taman Keputran.

Di tempat sakral itu sering dilakukan pemujaan oleh para tamu yang datang dari berbagai daerah di Nusantara. Bahkan, menurut informasi, banyak juga para pejabat pemerintahan di negara ini yang ikut mengharap berkah. Terutama mereka yang sedang mengikuti ajang pemilihan sebagai kepala daerah atau kepala negara. Pengurus petilasan pun menyediakan bantal dan selimut bagi tamu yang ingin menginap. Bagi yang ingin melakukan upacara layaknya adat Keraton Jawa juga disediakan tempat untuk berganti pakaian. Semua ritual itu tentunya bagi mereka yang percaya.

Informasi Wisata


Lokasi Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kediri, Jawa Timur.
Tiket Rp.2.000,-
Waktu Buka 08.00 – 17.00

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *