Pelabuhan Tanjung Emas Pelabuhan Sejak Mataram Kuno

Pelabuhan Tanjung Emas Pelabuhan Sejak Mataram Kuno – Abad ke-7 pelabuhan ini sudah menjadi gerbang perdagangan dunia. Letaknya strategis, menjadi persinggahan pedagang india dan Champa. Secara geologis lokasi pelabuhan Mataram kuno memang kurang menguntungkan. Banyak pasir, lumpur terus mengendap. Akibatnya, sungai yang menghubungkan kota dengan pelabuhan tidak dapat dilayari. Daratan pasir terbentuk di muara sungai. Menghambat pelayaran. Hingga akhirnya abad ke-18, Belanda menguasai Semarang, Pragota sudah tidak berupa pantai dan pelabuhan. Karena pengendapan, bahkan disebutkan pelabuhan di Semarang berpindah tempat 7 kali. Tak diketahui dimana saja lokasinya.

Pelabuhan Tanjung Emas Pelabuhan Sejak Mataram Kuno
Pelabuhan Tanjung Emas Pelabuhan Sejak Mataram Kuno. Sumber trikarsa.com

Pelabuhan Tanjung Emas Pelabuhan Sejak Mataram Kuno

Di bawah kekuasaan Belanda, Semarang berkembang pesat menjadi kota pusat perdagangan dan perindustrian dengan pelabuhan terbesar di Jawa. Tahun 1868, perusahaan dagang Belanda melakukan pengerukan lumpur. Lalu, dibuatlah kanal baru, bernama Nieuwe Havenkanaal, atau Kali Baroe, yang ada di kawasan Boom Lama. Pengerukan terus dilakukan hingga tahun 1872. Kanal ini ramai, perahu-perahu berlayar sampai ke kota, memuat dan menurunkan komoditas dagang, dan kanal inilah bibit pelabuhan Semarang modern.

Banyak kapal, baik dari dalam maupun luar nusantara, baik kapal uap maupun kapal layar, berlabuh di pelabuhan Semarang. Menurut catatan VOC, sepanjang tahun 1910, 985 kapal uap dan 38 kapal layar berlabuh di Semarang. Semuanya berasal dari berbagai Negara: Inggris, Hindia Belanda, Belanda, Denmark, Jerman, Jepang, Austria, Norwegia, Swedia, bahkan Perancis. Pelabuhan Semarang terus ramai, hingga Belanda terusir dari Indonesia pun Pelabuhan Semarang masih ramai. Pelabuhan Tanjung Emas adalah objek wisata menarik. Dimana lagi Anda bisa mengajak putra-putri Anda melihat kapal-kapal besar secara langsung, memperkenalkan pada mereka arti penting pelabuhan? Jalan-jalan ke pelabuhan pasti sangat menyenangkan.

Informasi Wisata


Lokasi Jln. Coaster 10 Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah.
Tiket Free
Waktu Buka 24 Jam
Fasilitas/ Obyek Wisata melihat kapal-kapal besar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *