Lawang Sewu Semarang Gedung 1000 Pintu

Lawang Sewu Semarang Gedung 1000 Pintu merupakan sebuah gedung di Semarang, Jawa Tengah yang merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Terletak di bundaran Tugu Muda yang dahulu disebut Wilhelminaplein. Masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu (Seribu Pintu) dikarenakan bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak. Kenyataannya, pintu yang ada tidak sampai seribu. Bangunan ini memiliki banyak jendela yang tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu (lawang).

Lawang Sewu Semarang Gedung 1000 Pintu

Kemudian, bukan cerita soal keindahan bangunan dan sejarahnya yang menonjol. Tapi justru keangkerannya. Kondisi gedung yang gelap, bocor di sana-sini, dan tak berpenghuni memancarkan aroma mistis. Cerita kuntilanak, genderuwo, hantu-hantu lain. aranormal berdatangan, juga orang-orang yang penasaran dengan kisah hantunya. Tayangan mistis ‘uji nyali’ berbagai stasiun televisi memanfaatkannya sebagai setting — menguatkan reputasi keangkeran Lawang Sewu. Juga film horor, semisal ‘Lawang Sewu: Dendam Kuntilanak” yang dibesut di sini.

Lawang Sewu Semarang Gedung 1000 Pintu
Lawang Sewu Semarang Gedung 1000 Pintu

Namun, kini Lawang Sewu telah dibenahi, dipugar, dan tak lagi dibiarkan kosong. Gedung ini akan dijadikan pusat kerajinan Indonesia di Jawa Tengah. Menjadi cagar budaya, ikon Jawa Tengah, yang juga diharapkan jadi destinasi wisata internasional.

Lokasi

Informasi Wisata

Lokasi Semarang Jawa Tengah
Tiket
Rp 5.000 (masuk ke Lawang Sewu)
Rp 10.000 (masuk ruang bawah tanah)
Waktu Buka 06:00 – 18:00
Fasilitas/ Obyek Wisata Bangunan Sejarah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *