Hutan Kera Nepa Tempat Mengamati Perilaku Kera

Hutan Kera Nepa Tempat Mengamati Perilaku Kera terletak di Desa Nepa pesisir utara pulau madura dan berjarak ±50 km dari pusat Kota Sampang . Merupakan suatu keunikan tersendiri, seluas 1 km2 di kelilingi oleh sungai air tawar yang bermuara langsung ke laut, merupakan gabungan eksotika pemandangan yang luar biasa. Dengan perahu para nelayan, anda dapat berkeliling menikmati hutan mangroove tepian sungai sebelum menikmati memasuki area hutan.

Suatu yang unik berkaitan dengan mitos penduduk setempat adalah perilaku kera pemakan jagung tua mentah yang jinak membagi diri mereka menjadi dua kelompok kera. Yang menempati dua bagian dari kawasan hutan yaitu sebelah utara dan selatan yang di batasi dengan sebuah kayu dan jalan. Hingga saat ini perilaku aneh kera yang saling tidak mau menyeberangi atau melewati daerah perbatasan tersebut, kecuali ada kera yang sakit atau membutuhkan pertolongan untuk melahirkan.

Hutan Kera Nepa Tempat Mengamati Perilaku Kera

Hutan Kera Nepa Tempat Mengamati Perilaku Kera
Hutan Kera Nepa Tempat Mengamati Perilaku Kera

Wisata hutan kera Nepa ini merupakan wisata yang unik yang ada di pulau Madura. Hutan ini berdiri seluas 1 km2 di kelilingi oleh sungai air tawar yang bermuara langsung ke laut. Suatu perpaduan eksotika alam yang indah. Di hutan wisata ini, pengunjung bisa menggunakan perahu nelayan untuk bisa berkeliling di hutan mangroove, sebelum memasuki area hutan Nepa. Letak hutan Kera Nepa memang agak terpencil dan agak sedikit sulit untuk dilalui. Tetapi semua letih akan terbayar dengan berbagai keunikan dan pengalaman menarik yang bisa dinikmati di setiap sudut hutan. Tempat ini hampir mirip dengan Wisata Hutan Monyet Sangeh di Bali, hanya saja Hutan Kera Nepa dekat dengan laut, jadi dua keindahan bisa sekaligus di dapat.

Mengapa dinamakan Nepa, karena pada jaman dulu kala, masyarakat Madura percaya bahwa di tempat ini banyak ditumbuhi pohon Nepa atau pohon sejenis kelapa kecil atau sejenis dengan pohon aren. Dari dulu terdapat sekumpulan kera yang tinggal di hutan ini sampai sekarang. Untuk pengunjung yang datang, tidak perlu khawatir atau takut akan kera-kera ini, karena mereka jinak dan terbilang ramah. Pengunjung bisa membawa makanan kecil yang bisa diberikan kepada kera-kera tersebut. Dan, diharapkan untuk selalu memberikan makanan yang aman dan bersikap yang baik saat berada di hutan kera ini, untuk selalu menjaga kelestarian dan kedamaian hutan.

Informasi Wisata


Lokasi Desa Nepa pesisir utara pulau Madura, Sampang, Jawa Timur.
Tiket Gratis
Waktu Buka 07.00 – 17.00

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *