Candi Ratu Boko Menikmati Sunset dan Keindahan Candi Prambanan Saat Malam Hari

Candi Ratu Boko Menikmati Sunset dan Keindahan Candi Prambanan Saat Malam Hari adalah sebuah bangunan peninggalan pada abad 8 – 9 Masehi. bangunan ini sebenarnya bukanlah candi, tapi sebuah istana yang orang-orang sering menyebutnya Istana Ratu Boko. Candi Ratu Boko atau Istana Ratu Boko ini terletak Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar tiga kilometer arah selatan dari Candi Prambanan, dan 18 kiometer arah timur Kota Yogyakarta. Di masa lalu, bangunan ini memang merupakan sebuah istana, keraton, sisa peninggalan Kerajaan Mataram Kuno, dan dibangun sekitar abad ke-8.

Candi Ratu Boko Menikmati Sunset dan Keindahan Candi Prambanan Saat Malam Hari

Candi Ratu Boko Menikmati Sunset dan Keindahan Candi Prambanan Saat Malam Hari
Candi Ratu Boko Menikmati Sunset dan Keindahan Candi Prambanan Saat Malam Hari

Sejarah Candi Ratu Boko

Pada tahun 1790, situs ini pertama kali ditemukan oleh arkeolog Belanda, Van Boekholtz,dengan temuan awal berupa sisa-sisa reruntuhan kepurbakalaan di atas bukit Ratu Boko. Seratus tahun kem udian, temuan ini ditindaklanjuti oleh FDK Bosch yang mengadakan penelitian berjudul Keraton Van Ratoe Bokoe, dan pada akhirnya temuan di atas bukit Ratu Boko disebut sebagai Keraton Ratu Boko. Namun, sesungguhnya, kemegahan yang terlihat pada bangunan Candi Ratu Boko di masa sekarang, sebenarnya belum tersaji sempurna. Di sekitar lokasi candi, masih ada ribuan batu yang masih dibiarkan menumpuk dan belum disusun, menjadi bagian dari bangunan candi.

Setiap pengunjung dapat memasuki gapura utama yang megah. Barangkali di masa lalu, seperti juga yang kerap digambarkan dalam film ataupun cerita bergambar, inilah gerbang yang selalu dijaga oleh para punggawa. Melewati gerbang ini, Anda akan disambut oleh dua gapura tinggi, di mana gapura pertama memiliki dua pintu, dan gapura di belakangnya memiliki tiga pintu. Setelah itu, di hamparan luas areal situs ini, sejauh mata memandang di depan samping kiri dan kanan, terdapat berbagai bentuk susunan batu kuno. Di sebelah utara gapura terdapat susunan batu yang dibangun sekitar tiga meter dari atas tanah, berbentuk bujursangkar berkuran 26×26 meter. Candi ini disebut sebagai Candi Pembakaran. Di tengah-tengahnya, terdapat lubang sedalam dua meter. Sesuai dengan namanya, lubang ini diperkirakan menjadi tempat pembakaran sesaji atau jenazah. Sedikit ke arah timur, Anda akan menjumpai stupa Buddha.

Pemandangan Candi Ratu Boko 1
Fotografi di Candi Ratu Boko

Di sebelah timur pendopo, terdapat Komplek Kolam Pemandian yang dikelilingi oleh pagar empat persegi panjang. Komplek ini terdiri dari 3 kelompok. Kelompok pertama, terdiri dari 3 buah kolam berbentuk persegi empat. Dua di antaranya memanjang dari utara sampai selatan, dan keduanya dipisahkan oleh sebuah gerbang. Sedangkan kelompok kedua terdiri dari 8 kolam bundar yang dibagi dalam 3 baris. Ada kemungkinan tempat ini digunakan tempat pemandian putri-putri Raja.

Sunset Candi Ratu Boko dan Keistimewaan lainnya

Keindahan sunset disini sepertinya sulit ditandingi oleh situs Candi di tempat manapun. Sinar senja yang menerpa gerbang masuk ke situs Candi Ratu Boko laksana lukisan jaman pewayangan. Hal ini dikarenakan Gerbang Candi Ratu Boko tepat menghadap ke barat yang seakan siap menerima bilasan cahaya senja yang begitu elok. Anda wajib mengabadikan momen terbenamnya matahari atau sunset di candi ratu boko, yang nantinya dapat anda pamerkan ke medi sosial seperti facebook.

Pemandangan Candi Ratu Boko 2
Pemandangan Candi Ratu Boko Sore Hari

Sebagai sebuah bangunan bersejarah, peninggalan istana raja, aura kemegahan situs Candi Ratu Boko sungguh terasa. Tak heran, situs ini akhirnya sering digunakan sebagai lokasi foto prewedding atau disewa menjadi tempat pelaksanaan resepsi pernikahan. Kemewahan dan keindahan baju yang dipakai keduanya, dengan latar belakang istana, Candi Ratu Boko, seolah sudah cukup merepresentasikan bahwa pasangan calon pengantin ini nantinya akan menjadi raja dan ratu sehari, setidaknya di hari H pernikahannya.

Pemandangan Candi Ratu Boko 3
Pemandangan Candi Ratu Boko Malam Hari

Ada juga sebuah tempat romantis di Candi Ratu Boko yaitu restaurant kecil yang bisa anda kunjungi. Tempat ini sangat istimewa karena anda bisa menikmati lampu kota Prambanan dari atas ketinggian dan juga anda bisa melihat keelokan Candi Prambanan yang di sorot cahaya lampu saat malam hari. Dengan tiket yang relatif mahal sangatlah sesuai dengan segala keindahan yang ditawarkan di kawasan Wisata candi Ratu Boko ini.

Fasilitas Wisata Candi Ratu Boko

Beberapa fasilitas yang sudah tersedia sudah cukup lengkap, ada tempat penangkaran rusa dan juga tempat bersantai sambil menikmati udara yang segar di tempat ini, berikut fasilitas penunjang di kawasan wisata ini diantaranya:

  • Musholla
  • Toilet
  • Restaurant
  • Tempat Parkir yang luas dan aman
  • Hotel dan Resort dekat Candi Ratu Boko

Anda bisa mencari penginapan atau hotel jika ingin beristirahat setelah lelah hunting sunset di candi ratu boko. Beberapa pilihan hotel dan resort di sekitar kawasan wisata ini. Demikianlah informasi seputar Candi Ratu Boko menikmati sunset dan keindahan Candi Prambanan saat malam hari.

Informasi Wisata Candi Ratu Boko


Lokasi Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta
Tiket Rp. 25.000
Waktu Buka 07.00 – 18.00

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *