Candi Ijo – Indahnya Sunset Dengan Latar Pesawat Terbang

Candi Ijo adalah candi Hindu yang berada tidak jauh dari Candi Ratu Boko atau kita-kira 18 km di sebelah timur kota Yogyakarta. Tepatnya di Bukit Ijo, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Candi ini dibangun pada abad ke-9 pada saat zaman Kerajaan Mataram Kuno. Karena berada di atas bukit yang disebut Gumuk Ijo yang ketinggiannya sekitar 410 m di atas permukaan laut. Karena ketinggiannya, maka pemandangan di sekitar candi sangat indah, terutama kalau melihat ke arah barat akan terlihat wilayah persawahan dan Bandara Adisucipto. Meski bukan daerah yang subur, pemandangan alam di sekitar candi sangat indah untuk dinikmati.

Candi Ijo – Indahnya Sunset Dengan Latar Pesawat Terbang

Candi Ijo merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat sunset dari ketinggian di bukit. Keindahan pemandangan sunset di Candi Ijo tidak kalah dengan keindahan pemandangan sunset di Istana ratu Boko. Abadikan momen indahnya sunset dengan latar belakang pesawat terbang yang seolah-olah mengawal terbenamnya matahari, sungguh momen yang sulit dicari di tempat wisata manapun. Pemandangan itu bisa dijumpai karena Pegunungan Seribu tempat berdiri candi ini menjadi batas bagian timur bandara. Karena keberadaan candi di pegunungan itu pula, landasan Bandara Adisutjipto tak bisa diperpanjang ke arah timur.

Candi Ijo – Indahnya Sunset Dengan Latar Pesawat Terbang
Candi Ijo – Indahnya Sunset Dengan Latar Pesawat Terbang

Candi ini merupakan kompleks 17 buah bangunan yang berada pada sebelas teras berundak. Teras pertama sekaligus halaman menuju pintu masuk merupakan teras berundak yang membujur dari barat ke timur. Bangunan pada teras ke-11 berupa pagar keliling, delapan buah lingga patok, empat bangunan yaitu candi utama, dan tiga candi perwara. Peletakan bangunan pada tiap teras didasarkan atas kesakralannya. Bangunan pada teras tertinggi adalah yang paling sakral. Pada bagian pintu masuk terdapat ukiran kala makara, berupa mulut raksasa (kala) yang berbadan naga (makara), seperti yang nampak pada pintu masuk Candi Borobudur. Dalam kompleks candi ini terdapat tiga candi perwara yang menunjukkan penghormatan masyarakat Hindu kepada Trimurti: Brahma, Wisnu, dan Syiwa.

Candi Ijo adalah tempat wisata yang mungkin diabaikan oleh para wisatawan di Jogja, padahal keindahan pemandangan Candi Ijo tidak kalah dengan tempat wisata lain. Mahasiswa atau pelajar jika kesini tidak perlu membayar tiket masuk cukup mengisi buku tamu. Sedangkan wisatawan biasa cukup membayar uang sukarela.

Lokasi

Informasi Wisata

  • Lokasi Bukit Ijo, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.
  • Tiket Sukarela
  • Waktu Buka 07.00 – 18.00
  • Fasilitas/ Obyek Wisata Keindahan Sunset, Candi Ijo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *