Bukit Geger Sejarah Awal Pulau Madura

Bukit Geger Sejarah Awal Pulau Madura – Bukit Geger atau yang dikenal masyarakat Madura dengan nama Gunong Gegger ini berada di Desa Geger, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Indonesia. Lokasinya kurang lebih sekitar 30 kilometer dari arah tenggara kota Bangkalan. Anda bisa menggunakan bus ataupun membawa kendaraan sendiri untuk pergi ke lokasi Bukit Geger ini. Jika anda ingin berkemah, maka sebaiknya anda menggunakan bus saja. Pintu Gerbang ke Bukit Geger ini tidak jauh dari jalan raya, jadi jika anda naik bus maka anda tidak perlu berjalan terlalu jauh.

Bukit Geger Sejarah Awal Pulau Madura

Bukit Geger Sejarah Awal Pulau Madura
Bukit Geger Sejarah Awal Pulau Madura

Menurut sejarah yang beredar di masyarakat, Bukit Geger ini merupakan asal muasal kehidupan di Pulau Madura. Bahkan katanya, manusia pertama yang menginjakkan kaki di Madura adalah Patih Pranggulan. Beliau yang berasal dari Kerajaan Medang bersama istrinya yang bernama Dewi Ratna Rorogung yang merupakan Putri Kerajaan Medang. Saat itu Dewi Ratna Rorogung sedang hamil, dan mereka yang sedang mengarungi lautan akhirnya terdampar disebuah tempat yang bernama Planggiran (tumpukan batu karang) di Bukit Geger ini.

Dewi Ratna Rorogung ini sendiri lebih dikenal dengan nama Potre Koneng, dan beliau selalu bersemedi di tepi tebing yang ada di Bukit Geger ini. Batu dudukan yang merupakan tempat Potre Koneng bersemedi kini dikenal dengan nama Palenggiyan. Anda bisa datang ke situs Palenggiyan dan melihat langsung batu tersebut jika berkunjung ke Bukit Geger ini.

Wisatawan yang datang ke Bukit Geger ini memiliki tujuan masing, ada yang hanya ingin bertirakat, dan ada juga yang memang datang karena mengagumi keindahan alam yang ada di Bukit Geger ini. Wisatawan yang datang untuk bertirakat kebanyakan percaya dengan cerita legenda yang ada di bukit geger ini. Konon setelah Aryo Kuda Panoleh atau dikenal dengan sebutan jokotole datang menghadap ke Patih Pranggulan (Adipodai) di Bukit Geger,. Beliau mendapatkan sebuah senjata sakti yang mampu membuatnya menang melawan Laksamada dari Cina saat peperangan terjadi di abad ke-13.

Goa Alami

Di Bukit Geger ini juga terdapat 5 goa alami yang dapat anda kunjungi. Goa-goa tersebut antara lain adalah Goa Petapan (gua untuk bersemedi), Goa Potre (gua putri), Goa Planangan (gua laki-laki), Goa Pancong Pote (gua pancung putih), dan Goa Olar (gua Ular). Jika anda datang ke Goa Pancong Pote setelah hujan reda, maka anda bisa melihat fenomena unik yang ada didalam goa tersebut, aliran air yang ada di dalam Goa ini akan berwarna seperti pelangi, dan masyarakat setempat menyebutnya sebagai air tujuh warna.

Sekarang, kawasan wisata Bukit Geger ini telah dikelola dengan baik oleh dinas pariwisata setempat. Anda bisa berkemah di Bukit Geger ini dengan membawa peralatan sendiri tentunya. Anda juga bisa sekalian melakukan olahraga Hiking di Bukit Geger ini, untuk memudahkan pengunjung, telah disediakan tangga-tangga beton untuk memudahkan anda untuk bisa sampai ke puncak Bukit Geger ini.

Informasi Wisata Bukit Geger Sejarah Awal Pulau Madura

Lokasi Desa Geger, Kecamatan Geger, Bangkalan, Indonesia.
Tiket free
Waktu Buka 24 Jam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *