Api Abadi Madura Wisata Unik yang Jarang Ditemui

Api Abadi Madura Wisata Unik yang Jarang Ditemui merupakan suatu objek wisata unik dan menarik yang berada di Pamekasan. Dari kota Pamekasan, Anda harus menempuh 15 menit perjalanan untuk sampai di desa Larangan, Tokol. Dari akses jalan raya, Anda harus melanjutkan perjalanan kurang lebih 750 meter untuk sampai di lokasi.

Di lokasi Api Abadi, Anda bisa menemukan banyak titik api yang keluar dari dalam tanah. kalo dilihat dengan seksama api abadi menyala karena adanya gas yang muncul dari dalam tanah. Sesuai namanya, Api Abadi berarti api yang tidak akan pernah padam. Hujan deras biasa tak akan mampu memadamkan api. Api hanya padam saat terjadi hujan badai disertai angin kencang. Itupun saat hujan perlahan reda, dan akan kembali menyala.

Api Abadi Madura Wisata Unik yang Jarang Ditemui

Titik-titik api abadi tersebut dikelilingi oleh pagar besi. Di sekitar lokasi, tampak penduduk lokal menjajakan jagung yang bisa Anda bakar sendiri di atas api. 10 menit dibakar di atas api, jagung bakar Anda pun siap disantap. Panas api yang dihasilkan dari celah-celah tanah merata. Nyala birunya seperti api dari kompor gas. Penduduk sekitar pun ada yang memanfaatkan api untuk memasak. Jika anda berniat kesini malam hari, alangkah baiknya anda berangkat beserta rombongan dengan orang yang banyak, karena daerah sini termasuk daerah yang jauh dari keramaian, ditakutkan akan terjadi perampokan.

Api Abadi Madura Wisata Unik yang Jarang Ditemui
Api Abadi Madura Wisata Unik yang Jarang Ditemui

Fenomena ini berkaitan dengan mitos masyarakat setempat. Dahulu, ada seorang pemuda bernama Hadagi yang mempelajari agama Islam dan menyebarkannya di desa tersebut. Hadagi lalu mendapat gelar Ki Moko karena kepandaiannya dari masyarakat. Suatu ketika, Ki Moko ingin mempersunting seorang putri Palembang dengan mas kawin berupa mata ikan yang ia dapatkan di sungai timur. Ikan itu sejenis lele yang dikatakan warga Madura, Juko’ ketteng. Peristiwa ajaib pun terjadi saat mata ikan tersebut berubah menjadi mutiara. Kemudian pesta pernikahan dilangsungkan tepat di bawah pohon Palembang. Karena keadaan yang gelap, Ki Moko menancapkan tongkatnya ke tanah dan peristiwa ajaib kembali terjadi. Seketika itu juga muncullah api dari bekas tancapan tongkat tadi dan titik api itulah yang hingga kini terus menyala dan menjadi tempat wisata Api Abadi Madura.

Ternyata, menurut penjelasan ilmiah, di kawasan tersebut mengandung belerang yang kemudian bergesekan dengan oksigen, maka terjadilah fenomena api menyala. Selain menikmati fenomena alam yang unik ini, terdapat banyak toko souvenir di sekitar tempat api abadi yang menjual berbagai macam souvenir, yaitu aksesoris, batik, petis dan aneka macam makana madura. Api tak kunjung padam adalah satu dari ratusan fenomena dan keajaiban yang ada di Indonesia. Anda dapat menyaksikan api abadi atau api tak kunjung padam ini kapan saja, tetapi fenomena ini akan terlihat cantik jika dilihat pada malam hari. Harga untuk tiket masuk kendaraan roda dua hanya Rp 500 dan roda empat Rp 5.000.

Lokasi

Informasi Wisata Api Abadi Madura

  • Lokasi Desa Larangan, Tokol, Pamekasan, Jawa Timur
  • Waktu Buka 24 jam
  • Fasilitas/ Obyek Wisata Keunikan api abadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *