Puri Maerokoco – Taman Wisata Budaya Jawa Tengah

Puri Maerokoco Puri Maerokoco   Taman Wisata Budaya Jawa Tengah

Informasi Wisata
Lokasi Jalan Yos Sudarso, Kompleks Tawang Mas, Semarang Barat, Jawa Tengah.
Tiket Rp.10.000,-
Waktu Buka 08.00 – 18.00
Fasilitas/ Obyek Wisata miniatur geografis Jawa Tengah

Puri Maerokoco atau Taman Wisata Budaya Jawa Tengah Terletak di kawasan Tawang Mas, pintu masuk Puri Maerokoco berada di sebelah kanan PRPP. Tepatnya, di Jalan Yos Sudarso, Kompleks Tawang Mas, Semarang Barat. Berada diantara PRPP dan Kampung Laut. Jika Anda berkendara dari pusat kota, Simpang Lima, ambil jalur menuju Tugu Muda. Lurus saja, tak berapa lama akan Anda temui lampu merah, dan ada plang besar bertuliskan PRPP di kanan jalan. Belok, dan ikuti jalan ini. Tak perlu khawatir kesasar, karena petunjuk arah sangat jelas.

Puri Maerokoco digambarkan persis seperti kondisi geografis Jawa Tengah. Bisa dikatakan Puri Maerokoco ini merupakan geografis Jawa Tengah dalam versi mini. Di sebelah sisi utara dan sisi selatan ada danau, yang menggambarkan kondisi Jawa Tengah yang diapit Laut Jawa dan Samudera Indonesia. Sementara di sisi barat dan sisi timur ada lahan kosong yang ditanami tanaman langka. Lahan ini simbol propinsi Jawa Barat dan Jawa Timur. Di sekeliling danau ada jalan selebar 6 meter, biasa dilalui kereta mini. Ada 2 cara memasuki Puri Maerokoco. Pertama, gunakan jembatan penghubung. Jembatan ini merupakan pintu masuk utama, terletak di utara anjungan Semarang. Jembatan lainnya ada di sisi timur, yang merupakan pintu masuk samping. Jika ingin lebih dramatis, Anda bisa gunakan dayung, kelilingi danau dan merapat di dermaga mini yang ada di anjungan Semarang, Pati, Tegal, Cilacap, dsb.

35 anjungan di puri ini mewakili masing-masing kabupaten/ kota yang ada di Jawa Tengah. Anjungan yang ada di Puri Maerokoco ini diatur sedemikian rupa hingga tata letaknya dibuat persis seperti kondisi administratif propinsi Jawa Tengah. Jika masuk dari timur, Anda akan disambut anjungan Kabupaten Sragen dan Karanganyar. Jelasnya, tengok saja peta Jawa Tengah, dan jajaran anjungan yang Anda temui sama persis seperti yang Anda lihat di peta. Bukan cuma rumah tradisional yang akan Anda lihat di sini. Landmark masing-masing kota juga ada. Misal, anjungan Semarang tidak hanya dilengkapi rumah tradisional khas Semarang, tapi ada juga Tugu Muda dan air mancur yang mengelilinginya. Anjungan Kudus dilengkapi Menara Kudus.

Incoming search terms:

  • alamat maerokoco dari simpang lima
  • alamat puri maerokoco
  • jam operasi maerokoco
  • maerokoco alamat
  • sejarah taman maerokoco jawa tengah
  • tempat wisata di semarang maerokoco
Share it now!