Pemandian Clereng – Pemandian Dari Sumber Mata Air Jernih

pemandian clereng kulonprogo Pemandian Clereng   Pemandian Dari Sumber Mata Air Jernih

Informasi Wisata
Lokasi Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.
Tiket Rp.4.000,-
Waktu Buka 07.00 – 17.00
Fasilitas/ Obyek Wisata pemandian dengan air sumber alami

Pemandian Clereng terletak di Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Jarak pemandian Clereng dari Kota Wates adalah sekitar lima kilo meter ke arah utara. Terletak di daerah perbukitan, Pemandian Clereng menawarkan mata air jernih yang dialirkan ke dalam kolam air yang bisa dipakai untuk area bermain atau mandi. Pemandian Clereng terdiri dari kolam mata air alami serta dua buah kolam renang buatan manusia dengan kedalaman 0,5 – 2 meter.

Tidak jauh dari mata air Pemandian Clereng ini terdapat Makam Kyai Pakujati dan Petilasan Sunan Kalijaga yang sering dikunjungi para peziarah. Konon, dahulu kala saat penyebaran agama Islam, Sunan Kalijaga pernah singgah di Pemandian Clereng ini. Kedatangan Sunan Kalijaga di pemandian ini kemudian dipercaya membawa nilai magis bagi mata air pemandian ini. Oleh masyarakat sekitar, mata air pemandian Clereng kemudian dipercaya dapat membuat awet muda, serta dapat mendatangkan keselamatan dan ketentraman bagi siapa saja yang membasuh muka atau mandi di tempat ini.

Ternyata pemandian Clereng ini aslinya merupakan pemandian alami yang berada di bawah bukit bebatuan dan pohon besar yang tumbuh di lerengnya. Air yang keluar cukup besar dan memenuhi kolam yang ada di bawahnya itu. Sebagian air kemudian dialirkan ke kolam renang dan sebagian lagi dialirkan untuk disedot dijadikan air ledeng bagi penduduk Wates dan sekitarnya. Sebagian lagi air masih berlebih untuk dialirkan ke sungai untuk irigasi sawah. Menjelang Bulan Ramadhan, pemandian ini dipadati pengunjung yang ingin melakukan padusan. Di lokasi ini juga disediakan ruang mandi untuk bilas, warung-warung makan, area parkir, serta adanya pasar yang buka setiap pasar Pahing dan Wage.

Incoming search terms:

  • pemandian mata air kulon progo
  • sejarah makam kyai pakujati
  • sumber mata air seribu magelang
Share it now!