Pantai Pink – Keelokan Si Merah Muda Lombok Timur

Pantai pink lombok Pantai Pink   Keelokan Si Merah Muda Lombok Timur

Informasi Wisata Pantai Pink

Lokasi Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, NTB
Tiket Rp 5.000,-
Waktu Buka 07.00 – 18.00
Fasilitas Obyek Wisata Perahu wisata, wisata sejarah gua, panorama alam yang indah, berenang, Olah raga pantai

Pantai Pink adalah salah satu lokasi wisata yang masih tersembunyi dari Lombok Timur. Pantai ini memang bukan merupakan destinasi yang baru ditemukan sebagai obyek wisata, tapi memang pantai ini masih belum banyak diketahui orang banyak. Nama Pantai Pink awalnya adalah Pantai Tangsi. Pantai ini kemudian berganti nama menjadi Pantai Pink karena warna pasirnya didominasi oleh warna pink. Pantai yang berlokasi di desa kecil Sekaroh ini merupakan bagian dari Pantai Tanjung RinggitNamun, karena lokasi dan infrastuktur jalan yang kurang memadai menyebabkan keberadaan Pantai Pink ini masih kurang terekspos oleh media dan wisatawan.

Nama Tangsi sendiri, berasal dari sebuah kata yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti yaitu “asrama” atau “barak”. Berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat dan jika melihat dari keadaan di sekitar pantai, maka mungkin tempat ini dulunya merupakan sebuah markas yang digunakan oleh tentara Jepang. Hal ini dapat dibuktikan dengan ditemukan sebuah gua buatan dan ada juga sebuah meriam peninggalan penjajah Jepang yang terletak di jajaran Pantai Tanjung Ringgit. Lokasi pantai Pantai Tanjung Ringgit sendiri berjarak sekitar 1 kilometer dari lokasi wisata Pantai Pink.

AKSES JALAN MENUJU PANTAI PINK

Karena transportasi umum masih belum tersedia untuk menuju lokasi wisata Pantai Pink, maka wisatawan wajib membawa atau menyewa kendaraan beroda dua atau beroda empat sendiri. Rute perjalanan yang bisa ditempuh adalah sebagai berikut:

1. Rute Mataram – Cakranegara – Kediri –  Praya – Mujur – Ganti – Sukaraja –  Jerowaru – Pemongkong – Pantai Pink. Rute ini berjarak sekitar 79 kilometer dari Mataram menuju Pantai Pink.

2. Rute Mataram – Sweta – Sikur – Sakra – Rensing – Sepit Keruak –  Jerowaru – Pemongkong – Pantai Tangsi

OBYEK WISATA

Pantai Pink memang pantas dijadikan salah satu lokasi tujuan wisata yang wajib dikunjungi. Daya tarik utamanya adalah pasirnya yang berwarna pink. Sebenarnya warna asli pantai ini adalah putih seperti pantai lain yang berpasir putih. Akan tetapi, karena warna putih ini bercampur dengan terumbu karang berwarna merah yang banyak terdapat di sekitar pantai menjadikan warna pasir berubah menjadi warna pink atau merah muda. Lama kelamaan warna ini semakin menyatu dan efek warna merah mudanya pun semakin kuat. Apalagi, jika terkena air laut atau sinar matahari di pagi dan sore hari, butiran- butiran pasirnya akan memiliki warna merah muda yang begitu cantik hingga tak ada kata- kata yang mampu menggambarkan keindahan fenomena ini.

Meriam dan Gua yang ditemukan sekitar satu kilometer dari Pantai Pink ini memberikan kesan wisata sejarah tersendiri bagi wisatawan. Gua dengan lorong yang menembus perut bukit dengan panjang sekitar 50 meter ini langsung menghadap panorama Pantai Pink yang mempesona.

Pantai Pink sendiri dikelilingi oleh banyak pantai di kiri dan kanannya. Antara pantai- pantai ini hanya dibatasi oleh bukit karang sehingga untuk mengunjungi pantai lainnya hanya perlu berjalan kaki dan mendaki bukit saja. Hanya saja, kawasan pesisir tersebut sudah dikuasai oleh para pemilik modal untuk diambil kekayaan alamnnya.

Di Pantai Tebing terdapat sebuah tebing yang menjadi spot favorit wisatawan untuk dikunjungi. Dari atas tebing tersebut, wisatawan dapat menyaksikan panorama alam berupa lautan lepas. Wisatawan juga dapat menyaksikan degadrasi warna air laut, ditambah serakan gumpalan awan yang berarak, membuat suasana sepi pantai terasa sangat romantis. Tepian pantainya juga banyak terdapat banyak pepohonan sehingga wisatawan bisa berteduh di bawah pepohonan yang rindang tersebut.

Lanscape Pantai Pink juga datar sehingga sangat cocok digunakan untuk berkemah. Air lautnya yang jernih membuat wisatawan ingin berenang di sana. Air lautnya juga sangat tenang, sehingga jangan ragu lagi untuk berenang di sana.

Berbagai macam aktivitas yang bisa dilakukan antara lain adalah berfoto ria, berenang, menaiki perahu nelayan yang disediakan untuk para wisatawan, memancing, dan melakukan olah raga snorkeling untuk menikmati keindahan terumbu karang di bawah air laut.

  • Bukit di Pantai Pink 599x349 Pantai Pink   Keelokan Si Merah Muda Lombok Timur
  • Pantai Pink Lombok 600x350 Pantai Pink   Keelokan Si Merah Muda Lombok Timur
  • pantai pink 600x350 Pantai Pink   Keelokan Si Merah Muda Lombok Timur

Incoming search terms:

  • angkutan umum sweta ke kediri lombok
  • gua di lombok timur
  • jalur ke pantai pink dari mujur
  • Pantai Pink Si Merah Muda di Lombok Timur
  • pante Lombok timur
  • pante pink ntb
  • peta lombok timur
  • peta yang berwarna pink muda
  • Rute jalan sakra lombok timur menuju pantai pink jerowaru ?
Share it now!