Pantai Pandawa – Pesona Pantai Perawan di Bali

Pantai Pandawa Pantai Pandawa   Pesona Pantai Perawan di Bali

Informasi Wisata Pantai Pandawa

Lokasi Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.
Tiket Wisnus Rp.2.000,- Wisman Rp.5.000,-
Waktu Buka 05.00 – 18.00
Fasilitas Obyek Wisata Menikmati panorama pantai dan minum air kelapa muda

Pantai Pandawa berada di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Dulu, pantai ini terkenal rahasia yang tersembunyi di balik tebing-tebing kapur tinggi. Namun kini, pantai rahasia ini mulai ramai dikunjungi wisatawan. Pantai Pandawa tak lagi menjadi pantai rahasia. Menurut penduduk setempat, sejak sering menjadi lokasi syuting film televisi (FTV) salah satu TV swasta, pantai ini mulai ramai setiap harinya. Ketika melewati loket pintu masuk, pengunjung akan melewati jalan berkelok dengan pagar tebing tinggi di sisi kanan dan kiri. Di sisi tebing ini dilubangi dan ditempatkan tokoh Pandawa Lima dalam Kisah Mahabharata. Inilah asal mula mengapa pantai di Bali Selatan ini diberi nama Pandawa.

Sekitar 1,5 km jalan menuju pantai ini anda akan melihati tebing-tebing kapur yang menjulang tinggi seakan meagari jalan. Jalan tersebut memang sengaja dibuat dengan membelah bukit-bukit kapur yang ada di Desa Kutuh, mirip bukit kapur yang dibelah di GWK. Mendekati pantai, tebing-tebing kapur tersebut dilubangi dan diukir dengan indah. Rencananya di tebing tersebut akan ditempatkan patung tokoh Pandawa Lima dalam Kisah Mahabharata yang terdiri dari Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa.

Tidak banyak yang tahu mengenai Pantai Pandawa ini, selain penduduk lokal yang menjadikan Pantai Pandawa ini sebagai tempat mereka bertani rumput laut. Pantai Pandawa awalnya belum terpublikasi dengan baik. Alasannya karena akses menuju pantai ini dulunya rusak dan sulit ditempuh kendaraan. Apalagi letaknya tersembunyi di balik perbukitan, sehingga orang sama sekali sulit menemukan pantai ini. Wajarlah kalau pantai ini disebut juga sebagai Secret Beach.

Dari atas bukit, pengunjung dapat melihat keindahan Pantai Pandawa dengan air laut biru kehijauan. Ketika masuk ke area pantai, pengunjung disambut pasir putih bersih. Suasananya sepi dan tenang. Sejumlah turis asing memanfaatkan ombak tinggi di pantai ini untuk berselancar. Walaupunterbilang wisata baru, Sejumlah pondok kecil milik warga Desa Kutuh dijadikan warung untuk melayani pengunjung. Keistimewaan lain dari pantai ini adalah Warna lautnya yang begitu biru serta pasir pantainya yang sangat halus membuat para pengunjung betah berlama-lama di pantai ini.

Pesona Pantai Pandawa lainnya adalah aktivitas para petani rumput laut di sepanjang pantai. Selain itu para wisatawan bisa melihat aktivitas paralayang dan motor trail diatas bukit. Karena pantai Pandawa berada dalam satu deretan dengan Pantai Gunung Payung, Desa Kutuh, kita pun bisa bisa menikmati panorama indah Air Terjun Pantai Gunung Payung yang tumpah ke pantai. Pantai Pandawa sendiri sudah dilengkapi dengan kedai makan dan minum untuk wisatawan karena aktivitas yang biasa yang dilakukan adalah paragliding. Nama Pandawa Beach sendiri diambil dari tokoh pewayangan karena pantai ini setiap tahunnya dijadikan sebagai tempat untuk melakukan upacara melasti.

Fasilitas Wisata Pantai Pandawa

  • Kano atau sampan kecil bisa dipakai untuk menjelajahi pesisir pantai. Harga sewa untuk adalah Rp 15.000. Untuk baju pelampung cukup menyewa Rp 10.000.
  • Disediakan pula belasan bangku tidur berpayung untuk pengunjung yang ingin merebahkan badan sambil menikmati suasana pantai. Untuk harga sewa dipatok sekitar 50.000 rupiah sepuasnya.
  • Menikmati air kelapa bersama jagung bajar di warung-warung pinggir pantai.
  • Membeli kerajinan tangan dari masyarakat yang tersedia di beberapa tempat di sekitaran pantai.

Akses atau rute menuju Pantai Pandawa

Dari kota Denpasar, arahkan kendaraan menuju Uluwatu. Sampai ketemu perempatan yang di kanan jalan ada supermarket Nirmala anda bisa belok kiri ke arah Nusa Dua. Kurang lebih 2 KM ada pertigaan, belok kiri lagi ke arah Nusa Dua. Kurang lebih 1 KM pas jalan tanjakan ada papan penunjuk jalan Pantai Pandawa belok kanan dan ikutin jalan itu sampai ketemu jalan beraspal mulus di kanan kiri ada tebing yang dikeruk. Anda akan dikenakan restribusi masuk sebesar Rp. 2000,- untuk sepeda motor. Ikuti jalan itu hingga ketemu tebing yang ada patung pandawa terus hingga ketemu jalan menurun menuju Pantai Pandawa. Jika anda dari Bandara Ngurah Rai, pantai ini dapat ditempuh sekitar satu jam perjalanan.

Akomodasi Penginapan dan Hotel di Pantai Pandawa

Karena termasuk kawasan wisata baru yang masih dalam tahap pengembangan, di sekitar lokasi wisata Pantai Pandawa belum tersedia hotel atau penginapan. Untuk akomodasi di dekat pantai ini, disarankan anda untuk mencari di Nusa Dua. Lokasi pantai ini tak kurang dari 5 km dari Nusa Dua.

  • Jalan ke Pantai Pandawa 600x350 Pantai Pandawa   Pesona Pantai Perawan di Bali
  • Panorama Pantai Pandawa 600x350 Pantai Pandawa   Pesona Pantai Perawan di Bali
  • Patung Pandawa di dinding Bukit 600x350 Pantai Pandawa   Pesona Pantai Perawan di Bali
  • Payung Pantai Pandawa 600x350 Pantai Pandawa   Pesona Pantai Perawan di Bali

Incoming search terms:

  • asal usul pantai pandawa
  • sejarah pantai pandawa
  • Pengertian pantai pandawa
  • asal usul pantai pandawa bali
  • sejarah pantai pandawa bali
  • keunikan pantai pandawa
  • legenda pantai pandawa
  • sejarah tentang pantai pandawa
  • pengertaian pantai pandhawa
  • fasilitas pantai pandawa
Share it now!