Owabong – Obyek Wisata Air Bojongsari

Owabong Owabong   Obyek Wisata Air Bojongsari

Informasi Wisata Owabong Bojongsari

Lokasi Jl. Raya Owabong 1, Kecamatan Bojongsari-Purbalingga
Tiket Hari senin – jum’at Rp 8.000,-
Hari sabtu – minggu / hari libur Rp 15.000,-
Parkir Mobil Rp 2.000,-
Parkir Motor Rp 1.000,-
Waktu Buka 07:00 – 17:00
Fasilitas/ Obyek Wisata Kolam berenang, arena gokart, waterboom, kolam olympic,dan wahana air lain

Owabong waterpark saat ini adalah obyek wisata yang paling banyak dikunjungi dan menjadi kebanggaan Kabupaten Purbalingga. Owabong sendiri adalah singkatan dari Obyek Wisata Air Bojongsari. Owabong Waterpark mengandalkan aneka wahana air untuk berbagai kelompok usia, baik untuk anak- anak maupun orang dewasa.

Sejarah Owabong

Berawal dari sebuah kolam berenang pribadi yang dibuat oleh salah seorang warga negara Belanda yang dibangun pada tahun 1946. Kolam ini kemudian diambil alih oleh seorang keturunan Tionghoa bernama Kwa Sing. Lalu pada tahun 2004, kolam berenang ini dibeli oleh PEMDA Kabupaten Purbalingga yang akhirnya dibangun sebagai wahana wisata keluarga dan lokasinya diperluas hingga 4.8 Ha dari luas sebelumnya yang hanya sekitar 1 Ha saja. Lokasi ini kemudian diresmikan sebagai obyek wisata pada tanggal 1 Maret2005.

Wisata Keluarga Purbalingga

Nama besar Owabong sekarang sudah sampai kemana- mana. Buktinya setiap hari lokasi ini selalu ramai dipadati oleh pengunjung bahkan di hari- hari produktif. Angka kepadatannya tentu saja akan meningkat drastis di musim liburan. Lebih dari 1500 pengunjung akan datang untuk menikmati waktu liburnya bersama keluarga tercinta. Memang dari namanya yang aneh, banyak orang yang nggak tahu kalo Owabong itu hanyalah objek wisata air yang oleh pemkab Purbalingga ingin lebih dioptimalkan. Bojongsari memang dikenal dengan sumber daya air yang melimpah, dan nggak heran kalo dulu disini dibangun pemandian umum Bojongsari. Asli dari mata air membuat satu nilai tambah Owabong dibanding kolam renang pada umumnya. Dan ini jugalah yang bisa menarik pengunjung untuk tidak hanya datang sekali ke Owabong, karena kita bisa menikmati kesegarannya lagi di kemudian hari bersama keluarga. Apalagi jika pengelola dapat menambah berbagai fasilitas pendukung, seperti lahan parkir

Sebagian besar wahana wisata di Owabong merupakan wisata air, mulai dari kolam berenang, Olympic Pool, kolam air, sampai ke ember tumpah semua menggunakan air. Di lokasi ini juga terdapat miniatur pantai seluas 1200 meter persegi lengkap dengan pasir putih dan gelombang airnya. Jika pengunjung adalah orang yang menyukai tantangan, bisa mencoba fasilitas waterboom yang pasti memacu adrenalin. Dengan menaiki spiral waterslide setinggi 13 meter, dijamin jantung akan berdenyut dengan kencang. Berenang untuk waktu yang lama di Owabong tidak akan membuat mata Anda perih apalagi membuat kulit terasa bersisik. Jal ini karena sumber air di Owabong diambil dari mata air alami yang memancar tidak jauh dari lokasi wisata air. Sehingga air di Owabong sama sekali tidak mengandung bahan berbahaya seperti kaporit atau penjernih air lainnya.

Fasilitas Wisata Owabong

1. Waterboom

Di arena ini terdapat dua jenis pilihan waterboom. Jika pengunjung tidak takut akan ketinggian, bisa memilih untuk menggunakan perosotan yang tinggi. Jika pengunjung tidak terlalu suka ketinggian maka bisa memilih perosotan dengan tinggi sedang. Selain itu, pengunjung bisa menaiki spiral waterslide untuk memacu adrenalin dan torpedo waterslide yang tingginya mencapai 13 meter.

2. Ember Tumpah

Nikmati sensasi ketumpahan air dari satu ember besar yang ada di wahana kolam berenang. Siap- siaplah berteriak ketika air sudah memenuhi ember dan siap jatuh di atas kepala pengunjung. Maka rasakanlah kesejukan dan kesegaran serta kedamaian yang tercipta.

3. Pantai Bebas Tsunami

Owabong menawarkan pantai buatan yang dinamakan dengan Pantai Bebas Tsunami. Tsunami adalah istilah dimana ombak besar dari lautan lepas menghantam daratan dengan ketinggian tertentu. Maka dari itu, Owabong menamai pantai ini dengan Pantai Bebas Tsunami karena pantai ini hanya pantai buatan dimana ketinggian ombak bisa dimanipulasi oleh pihak pengelola dan tidak akan mungkin menimbulkan tsunami.

Arena pantai ini sangat luas. Airnya sangat sejuk dan dingin. Di hari minggu atau di hari- hari liburan, Owabong biasa membagi- bagikan hadiah kepada para pengunjung. Seorang petugas Owabong akan menggantungkan dirinya pada wahana Flying Fox sambil membawa bermacam- macam hadiah. Pada jam tertentu, pengunjung akan diminta untuk berkumpul di pantai ini, dan petugas tadi akan melemparkan hadiah- hadiah tersebut ke pantai.

4. Kolam Olympic

Kolam olympic merupakan kolam berenang berstandar internasional dengan ukuran 21 x 50 meter. Memiliki 8 lintasan dengan kedalaman minimal 120 cm dan maksimal 225 cm.

5. Flying Fox

6. 3D/ 4D Movie Theater

Pengunjung bisa merasakan sensasi melihat thetaer bersama keluarga dengan efek kacamata tiga dan empat dimensi.

7. Kolam Sesat

Kolam ini berisi air yang sangat dingin untuk bermain jungkat- jungkit (Sea Saw) atau Water Ball. Sebuah balon besar akan disediakan dengan suplai udara yang cukup. Pengunjung yang tertarik bisa masuk ke dalam bola besar tersebut dan menikmati sensasi ketidakseimbangan ketika di dalam bola.

8. Istana Air

Wahana air ini dilengkapi dengan arena bermain anak- anak, hujan- hujanan, luncuran,d an dapat dipakai sebagai terapi air.

9. Kanal Arus

Pengunjung bisa menikmati dunia petualangan air dengan berpetualang melintasi sebuah kanal sepanjang 200 meter dengan arus yang tenang. Wahana ini adalah wahana yang sangat menarik, pengunjung akan mengelilingi kanal tersebut menggunakan perahu kayak, banana boat, dan pelampung.

10. Kolam Akhir

Di kolam inilah dimana ember tumpah dapat ditemui. Kolam ini juga dilengkapi dengan Trampolin dan Big Pillow. Pengunjung bisa menjatuhkan diri dari tempat tinggi yang sudah disediakan di sana.

11. Kolam Renang Dangkal

Kolam ini disediakan untuk anak- anak yang masih kecil sampai usia mereka 9 tahun. Airnya tidak sedingin perairan yang lainnya.

12. Area Gokart

Area ini disediakan untuk anak- anak yang suka balapan. Area ini sudah memiliki standar keamanan nasional, jadi Anda tidak perlu khawatir jika buah hati ingin merasakan nikmatnya wahana ini. Untuk bisa menikmati wahana ini, pengunjung perlu merogoh kocek sebesar Rp 50.000,-.

13. Fish Spa

Jika Anda sudah membayar saat masuk pintu utama Owabong, maka Anda perlu memabyar sebesar Rp 15.000,- per orang untuk bisa menikmati terapi ikan. Spesies ikan yang hidup di Turki, Irak, Iran, dan Syiria serta bisa hidup pada suhu 43 derajat celcius, dipercaya bisa mengobati penyakit kulit. Ikan- ikan ini tidak akan membuat tangan atau kaki Anda berdarah- darah, karena ikan- ikan tidak menggigit. Tapi, siap- siap saja Anda akan merasa geli.

14. Cottage

Bagi pengunjung luar kota, bisa menikmati Owabong selama beberapa hari. Pengunjung bisa menginap di penginapan yang sudah disediakan oleh pemerinta dan pihak pengelola. Penginapan ini sangat representative dan nyaman.

Incoming search terms:

  • pandawa world sama owabong lebih bagus
  • sejarah owabong
  • oleh oleh apa yang cocok untuk keluarga kalu piknik ke owabong
  • wisata keluarga jawa tengah
  • sejarah owabong purbalingga
  • tempat rekreasi keluarga jawa tengah
  • theater 4d owabong
  • tinggi perosotan di obyek wisata owabong
  • waterpark bojongsari hari senin ramai tidak
  • wisata owabong
Share it now!