Klenteng Siu Hok Bio – Klenteng Tertua di Semarang

Klenteng Siu Hok Bio Klenteng Siu Hok Bio   Klenteng Tertua di Semarang

Informasi Wisata
Lokasi Jln. Wotgandul Timur, Semarang, Jawa Tengah.
Tiket ????
Waktu Buka 08.00 – 17.00
Fasilitas/ Obyek Wisata [eninggalan sejarah orang cina

Klenteng Siu Hok Bio adalah salah satu klenteng paling terkenal di pecinan Semarang. Beralamat di Jalan Wotgandul Timur No.38. Didirikan tahun 1753, disebut-sebut sebagai klenteng tertua di Semarang. Diberi nama Jalan Wot Gandul, konon berdasarkan toponim, “Wot” berarti jembatan kecil, dan “Gandul” berarti menggantung. Di daerah ini dulu dikenal sebagai daerah Pecinan Kidul, lokasinya persis di wilayah timur Kali Semarang. Nah, jembatan gantung ini digunakan warga untuk menyeberang ke seberang barat Kali Semarang. Klenteng Siu Hok Bio adalah ungkapan syukur atas rejeki yang didapat masyarakat sekitar Wotgandul. Daerah ini dahulu kala adalah daerah yang makmur. Pada awal perkembangannya, di sini hanya ada sembilan rumah, sehingga disebut wilayah Tjap Kauw King sehingga Siu Hok Bio juga dikenal dengan nama Klenteng Tjap Kauw King.

Kawasan pecinan di kota besar manapun di Indonesia umumnya padat, ramai, begitu juga dengan Pecinan Semarang. Makin tahun, bangunan ruko dan pemukiman dibuat makin tinggi, karena berkembangnya perekonomian dan kemajuan jaman. Namun, tidak dengan bangunan kuno seperti klenteng. Bentuk asli Siu Hok Bio tetap dipertahankan, meski bangunan di sekitarnya sudah berubah drastis. Jadi, jangan heran jika Anda berkunjung ke sini dan mendapati klenteng ini diapit dua gedung tinggi. Siu Hok Bio nampak sempit dari luar. Namun, ini bukan masalah besar. Justru dengan mempertahankan keaslian bangunan, nilai sejarah dan keunikan klenteng ini jadi semakin nyata.

Saat mengunjungi klenteng ini, jangan lupa untuk memperhatikan pintu klenteng. Pintu ini menarik. Ada cincin pegangan pintu, yang konon usianya ratusan tahun, sama seperti usia klenteng ini. Di atas pintu ada ukiran, dan daun pintu klenteng dibuat satu panil, berdaun ganda. Dengan desain pintu seperti ini diharapkan hawa chi bisa masuk dan bebas bersirkulasi di dalam klenteng. Pintu ini juga melambangkan keseimbangan. Dari luar Anda akan jumpai pagar klenteng dibuat rendah dan di atap ada patung naga, ikan, juga simbol-simbol ajaran Tao.

Share it now!