Danau Kelimutu – Petualangan Tak Tergantikan di Danau Tiga Warna

danau kelimutu tampak atas Danau Kelimutu   Petualangan Tak Tergantikan di Danau Tiga Warna

Informasi Wisata Danau Kelimutu

Lokasi Desa Koanara, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende, Pulau Flores, NTT
Tiket ???
Waktu Buka 08.00 – 17.00
Fasilitas Obyek Wisata Trekking, wisata flora, wisata fauna, pendakian, restoran

Danau Kelimutu adalah danau kawah yang terletak di puncak Gunung Kelimutu, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Gunung Kelimutu sendiri adalah sautu gunung berapi yang masih aktif di daerah ini, Lokasi gunung ini sendiri berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Sedangkan Kelimutu berada di desa Koanara, yang letaknya sekitar 66 km daro kota Ende dan 83 km dari Maumere. Moni adalah kota yang paling dekat dengan lokasi terdapatnya danau Kelimutu dan merupakan pintu gerbang untuk menuju lokasi wisata yang satu ini. Jarak antara kota Moni dengan kelimutu sendiri adalah sekitar 15 km.

Awal mulanya daerah ini diketemukan oleh Van Such Telen, warga negara Belanda, tahun 1915. Keindahannya dikenal luas setelah Y. Bouman melukiskan dalam tulisannya tahun 1929. Sejak saat itu wisatawan asing mulai datang menikmati danau yang dikenal angker bagi masyarakat setempat. Mereka yang datang bukan hanya pencinta keindahan, tetapi juga peneliti yang ingin tahu kejadian alam yang amat langka itu.

Akses Menuju Danau Kelimutu

Pengunjung bisa menaiki pesawat dari kota Denpasar dan Kupang yang berada di Bali menuju bandara di kota Maumere.

Pengunjung bisa menaiki kendaraan pribadi berupa kendaraan beroda dua atau empat. Pengunjung juga bisa memakai jasa transportasi umum atau disebut Moda oleh warga sekitar. Kendaraan ini bisa membawa pengunjung mencapai area parkir sebelum menuju puncak gunung Kelimutu,

Dari kota Maumere, pengunjung bisa menaiki bus menuju kota Ende dengan melewati kota Moni. Orang setempat menyebut kendaraan bus ini dengan nama bis kayu atau oto kol. Dari pemberhentian bis, pengunjung melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menaiki gunung menuju lokasi Danau Kelimutu. Inilah petualangan pendakian yang bisa dirasakan oleh seorang wisatawan yang mencintai kegiatan hiking.

Obyek Wisata 

Danau Kelimutu terkenal dengan nama Danau Tiga Warna. Hal ini dikarenakan danau ini bisa menampilkan keindahan tiga warna yang berbeda di lokasi yang berdekatan, yaitu warna merah, biru, dan putih. Meski inilah warna dasar yang ditunjukkan, warna ini bisa berubah- ubah seiring dengan perjalanan waktu. Danau ini terletak di ketinggian 1.631 meter dari permukaan laut.

Kelimutu sendiri berasal dari gabungan kata Keli yang berarti gunung dan kata Mutu yang berarti mendidih. Menurut kepercayaan yang berkembang di masyarakat secara turun menurun, warna- warni pada Danau Kelimutu memiliki arti masing- masing dan dipercaya pula memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

Danau ini dibagi menjadi tiga bagian yang sesuai dengan warna- warna yang ada pada danau. Berikut adalah pembagiannya :

  1. Tiwu Nuwa Muri Koo Fai ==> Danau ini berwarna biru yang dipercaya sebagai tempat berkumpulnya jiwa muda- mudi yang telah meninggal. Warna danau ini bisa berubah warna setiap tahunnya berwarna hijau tua dan hijau muda.
  2.  Tiwu Ata Polo ==> Danau ini berwarna merah yang dipercaya sebagai tempat berkumpulnya jiwa- jiwa yang telah meninggal dan selama hidupnya selalu melakukan kejahatan. Warna danau ini bisa berubah tiap tahunnya menjadi hijau tua dan merah hati.
  3. Tiwu Ata Mbupu ==> Danau ini berwarna putih yang dipercaya sebagai tempat jiwa orang- orang tua yang sudah meninggal dunia. Warna danau ini juga bisa berubah menjadi coklat atau biru langit.

Luas ketiga danau ini sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume 1.292 juta meter kubik. Ketiga danau ini dibatasi oleh dinding batu sempit yang mudah longsor. Dinding ini sangat terjal dengan sudut kemiringan 70 derajat. Ketinggian dinding danau berkisar antara 50 sampai 150 meter.

Danau Kelimutu termasuk ke dalam rangkaian Taman Nasional Kelimutu. Beberapa flora yang dapat ditemukan di sekitar danau antara lain Kesambi (Schleichera Oleosa), Cemara (Casuarina Equisetifolia), dan bunga abadi Edelweiss. Selain itu, ada juga pohon pinus yang tumbuh subur di lokasi danau Kelimutu. Sedangkan fauna yang bisa ditemukan di sekitar danau adalah Rusa (Cervus Timorensis), Babi Hutan (Sus sp.), Ayam hutan (Gallus Gallus), dan Elang (Elanus sp.).

Kuliner

Jika pengunjung sampai di kota Moni, pengunjung bisa menikmati jajanan di pasar lokal ataupun restoran. Di daerah wisata ini ada banyak orang yang menjual teh jahe di daerah puncak pegunungan sambil menikmati pemandangan terbenamnya matahari yang menawan.

Ada juga restoran yang direkomendasikan untuk dikunjungi yaitu restoran Arwanti dan Bintang.

Berbelanja

Di area parkir pengunjung bisa menemukan berbagai pedagang yang menawarkan souvenir lokal. Pengunjung akan dapat menemukan kain ikat sebagai hasil karya warga setempat, kain tenun khas pulau Flores. Setiap kabupaten di Flores memiliki motifnya masing- masing.

Incoming search terms:

  • akses danau kelimutu
  • aksesbilitas ke danau kelimutu
  • Apakah ada yg turun di danau kelimutu
  • danau kelimutu
  • danau kelimutu maumere
  • obyek wisata menuju danau kelimutu
  • pengunjung danau kelimutu
  • petualangan di kota ende
  • tempat wisata di moni
Share it now!