Air Terjun Kakek Bodo Tretes

kakek bodo Air Terjun Kakek Bodo Tretes

Informasi Wisata
Lokasi Desa Tretes, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur.
Tiket Rp 6000/orang.  Parkir Rp 4000 untuk kendaraan roda dua.
Waktu Buka 24 Jam (ada banyak pilihan Villa)
Fasilitas/ Obyek Wisata Air Terjun kakek bodo, pemandangan gunung

Air Terjun Kakek Bodo Tretes adalah wisata unggulan kabupaten Pasuruan. Tretes adalah sebuah desa wisata di kecamatan Prigen, Pasuruan, provinsi Jawa Timur. Letaknya di lereng Gunung Welirang. Kata Tretes berasal dari kata air yang menetes berbunyi tes tes tes, hal ini bisa kita lihat dengan adanya sebuah air sumber yang menetes di celah – celah dinding batu di daerah Dong Biru (sebelum memasuki tempat wisata Kakek Bodo dari arah Surabaya terletak di sebelah kanan jalan). Sejak dahulu Tretes dikenal sebagai tempat peristirahatan dikarenakan hawa udaranya yang sejuk, itu sebabnya banyak bangunan villa peninggalan Belanda di daerah ini. Biasanya berbentuk rumah kayu bergaya Eropa, yang sayangnya saat ini jumlahnya mulai berkurang karena kurang dirawat atau sudah mulai lapuk dimakan usia. Bahkan beberapa bangunan sudah diruntuhkan sehingga sekarang hanya tinggal nama. Beberapa nama bangunan itu adalah Dong De (Gedung Gede), Dong Koco (Gedung Kaca), Dong Ijo, Dong Biru, Eskam (sekarang menjadi Hotel Surya). Tidak banyak sejarah Tretes yang bisa diketahui, salah satu tempat yang menjadi saksi bisu sejarah adalah adanya makam kuno di Gang Kramat 77 Pesanggrahan yang merupakan makam dari cikal bakal penduduk Tretes. Setiap menjelang akhir tahun biasanya di adakan acara Sedekah Desa yang biasanya di pusatkan di punden Pesanggrahan tepatnya di Gudang Garam. Kesenian daerah yang sering dipentaskan di Tretes adalah Bantengan, sebuah atraksi dimana pemainnya kesurupan, biasanya Bantengan ditampilkan dalam acara “iring-iring” atau hajatan.

Air Terjun Kakek Bodo berada di ketinggian 850 m dpl dan memiliki terjunan air sekitar 40 m.  Air terjun ini berada di kawasan wisata Tretes di lereng Gunung Welirang di pegunungan Prigen, Jawa Timur, tepatnya dalam kawasan hutan lindung di RPH Prigen, BKPH Lawang Barat, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pasuruan.

Di kawasan ini, keberadaan air terjun Kakek Bodo tidak sendirian. Ada tiga air terjun lainnya yang bisa ditemui dalam perjalanan lintas hutan di kawasan wisata andalan Jawa Timur itu, masing-masing adalah Air Terjun Alap-Alap dengan ketinggian 40 meter, Air Terjun Putuk Truno dengan ketinggian 45 meter, dan dan Air Terjun Sengguruh dengan ketinggian 30 meter.

Incoming search terms:

  • pemandian tretes
  • peta wisata kakek bodo dri surabay
  • Peta surabaya-kakek bodo tretes
  • sejarah wana wisata kakek bodo
  • tarif villa kakek bodo tretes
  • villa kakekbodo
  • wisata air terjun kakek bodo
  • wisata kakek bodo pacet
  • wisata kakek bodoh pacet
  • air terjun kakek bodo#
Share it now!