Air Terjun Girimanik – Keindahan Air Terjun dan Upacara Ritual

Air Terjun Girimanik Air Terjun Girimanik   Keindahan Air Terjun dan Upacara Ritual

Informasi Wisata
Lokasi Desa Setren, Kecamatan Slogohimo, Wonogiri, Jawa Tengah.
Tiket Rp.5.000,-
Waktu Buka 08.00 – 17.00
Fasilitas/ Obyek Wisata Wisata air terjun dengan upacara ritual

Air Terjun Girimanik berada di kawasan wisata Setren Girimanik yang merupakan kawasan wisata alam yang berudara sejuk dan panorama alam yang sangat indah. Di kawasan wisata ini terdapat 3 buah air terjun yang dinamakan Air Terjun Manik Moyo yang mempunyi ketinggian 70 meter, Air Terjun Tinjo Moyo yang mempunyai ketinggian 30 meter, dan Air Terjun Condromoyo. Tidak jauh dari Air Terjun Manik Moyo terdapat sebuah tempat sakral peninggalan atau petilasan Raden Mas Said yang dikenal dengan nama Batu Resi.

Event wisata yang di adakan di obyek wisata ini yaitu Susuk Wangan. Susuk Wangan merupakan upacara ritual yang dilaksanakan setiap hari sabtu kliwon pada setiap bulan besar yang bertempat di Obyek Wisata Setren Girimanik, Kecamatan Slogohimo. Upacara tersebut merupakan wujud syukur kepada Sang Pencipta oleh masyarakat yang mendapat manfaat air baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk pertanian. Pengunjung bisa melihat ratusan ayam panggang yang dipersembahkan oleh para petani kepada Sang Khalik. Prosesi acara ritual dimaksud, setelah diadakan upacara selamatan, masyarakat bersama-sama membersihkan saluran air yang mengalir dari mata air pegunungan sampai kedesa dengan harapan agar air selau mengalir dan bermanfaat bagi masyarakat. Selain upacara tersebut juga disajikan berbagai acara kesenian untuk memeriahkan upacara tersebut.

Berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Wonogiri ke arah timur menuju Ponorogo. Dari kota Wonogiri perjalanan di arahkan ke Slogohimo ke arah utara, sekitar 10 km dengan jalan yang menanjak hingga pintu masuk air terjun. Selanjutnya dari pintu masuk perjalanan diteruskan ke Bumi Perkemahan. Untuk menuju Air Terjun Manik Moyo diperlukan waktu sekitar 5 menit dari lokasi perkemahan. Sedangkan untuk ke Air Terjun Tejo Moyo diperlukan waktu 30 menit dari bumi perkemahan dengan mengambil arah jalan lain menuruni lembah. Dan untuk ke air terjun yang ketiga Condromoyo, dari jalur kedatangan tepat di persimpangan antara bumi perkemahan dan Air Terjun Tejo Moyo mengambil jalan ke arah kanan. Waktu yang diperlukan ke air terjun ketiga ini sekitar 15 menit.

Incoming search terms:

  • air terjun girimanik
  • air terjun girimanik wonogiri
  • sejarah girimanik
  • Air terjun giri manik
  • air terjun setren slogohim
  • Obyek wisata setren
  • sejarah wisata girimanik wonogiri
  • SEJARAH GIRI MANIK
  • penginapan di setren girimanik
  • obyek wisata girimanik
Share it now!